3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis


Laporan keuangan adalah sebuah laporan yang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk memberikan rincian informasi keuangan termasuk aset, liabilitas, incomes,expenses dan juga cash flow.

Dalam pengertian lainnya, laporan keuangan merupakan sebuah catatan formal dari berbagai aktivitas keuangan yang ada dalam sebuah entitas yang kemudian digunakan untuk mengukur kekuatan keuangan, kinerja dan juga likuiditas perusahaan.

Pada dasarnya, terdapat 4 tipe laporan keuangan yang ada saat ini yaitu

  1. Balance Sheet

    Tipe laporan keuangan yang pertama disini adalah balance sheet dimana laporan keuangan ini menyajikan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Laporan keuangan ini biasanya terdiri dari 3 elemen yaitu :

    • Assets : sesuatu yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan seperti uang, inventory, peralatan mesin, dan lain sebagainya.
    • Liabilities : hutang yang dimiliki perusahaan contohnya seperti pinjaman bank, kreditor dan lain sebagainya.
    • Equity : selisih dari nilai asset dikurangi nilai liabilities dimana hal ini menentukan jumlah modal yang tersisa dalam sebuah bisnis.
  1. Profit & Loss Statement

    Selanjutnya adalah laporan profit & loss dimana laporan ini menyajikan laporan laba dan juga rugi yang dialami perusahaan pada periode tertentu. Profit & loss statement terdiri dari 2 elemen penting yaitu :

    • Income : pemasukan yaitu hasil atau keuntungan yang didapatkan perusahaan pada suatu periode seperti sales revenue dan lain sebaganya.
    • Expense : pengeluaran yang dilakukan perusahaan pada suatu periode seperti penggajian, depresiasi, uang sewa dan lain sebagainya.
  1. Cash Flow Statement

    Cash flow statement atau arus kas menyajikan laporan mengenai pergerakan uang dan saldo bank selama suatu periode. Biasanya laporan cash flow atau arus kas ini diklasifikasikan ke dalam beberapa segmen seperti berikut :

    • Operating Activities : mewakili arus kas dari kegiatan utama bisnis yang dilakukan perusahaan
    • Investing Activities : mewakili arus kas dari pembelian dan juga penjualan aset selain inventory.
    • Financing Activities : mewakili arus kas yang dihasilkan atau dikeluarkan untuk berbagai keperluan perusahaan.
Dengan memiliki ketiga jenis laporan keuangan ini, Anda akan bisa dengan lebih mudah melihat dan menjalankan bisnis agar dapat berkembang dengan baik. Namun pengerjaan laporan ini sangatlah tidak mudah terutama bagi Anda yang masih menjalankan bisnis secara manual.

Maksud manual disini adalah semua proses pencatatan yang masih dilakukan di atas selembar kertas dan perhitungan dengan menggunakan kalkulator. Jika ia, maka sekarang saatnya Anda mempertimbangkan penggunaan software akuntansi pada bisnis Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda