4 Tahapan Dalam Membuat Laporan Bisnis Yang Efektif

Laporan bisnis dalam bentuk apapun biasa memiliki suatu tujuan tertentu baik untuk mengajukan sebuah gagasan baru dalam memperbaiki pengelolaan bisnis atau berupa hasil atau data penting yang harus disampaikan. Apapun tujuannya, laporan bisnis sangatlah berperan penting dalam mengatur dan mengetahui arah pergerakkan bisnis.



Laporan bisnis yang baik dalam memberikan dorongan adalah dengan melalui penulisan yang jelas dan juga ringkas. Pikirkan baik – baik elemen apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam pembuatan laporan bisnis yang persuasif dan juga efektif.

Tentukan Tujuan Dari Laporan Bisnis Tersebut

Identifikasikan tujuan laporan bisnis sebelum anda mulai membuatnya. Hal ini akan menghemat banyak waktu dan menjaga agar laporan bisnis yang anda buat tetap terstruktur dengan baik. Pastikan anda memiliki sumber data yang cukup untuk menunjang ketepatan dalam laporan yang anda buat.

Gunakan Penulisan Yang Ringkas, Aktif & Menarik

Ketika anda membuat laporan bisnis, fokuskan pada penyampaian yang ringkas namun tetap profesional. Jangan tersesat dari pokok permasalahan dan jangan membebani laporan dengan bahasa yang tidak perlu. Hindari kata – kata ekspresi pasif seperti “mungkin akan lebih baik jika..” rubah dan gunakan kata aktif seperti “sebaiknya kita melakukan..”

Atur Ide Anda Supaya Jelas & Memiliki Koherensi Yang Baik

Sebuah laporan bisnis memerlukan perkembangan logis dari pemikiran dan semua rincian penting agar mudah dibaca dan mudah dipahami. Buat garis besar untuk anda sendiri sehingga dapat membantu anda dalam menciptakan sebuah laporan bisnis dengan struktur yang jelas untuk diikuti.

Edit, Proofread & Optimalkan Laporan Bisnis Anda

Memasukkan apa yang ingin anda masukkan pada laporan bisnis hanyalah sebuah langkah kecil dalam penulisan. Selebihnya adalah tahap pengeditan dan proofreading. Pada tahap ini anda sudah hampir selesai membuat laporan anda. Baca ulang dan buang atau rubah hal – hal yang tidak sesuai dengan tujuan laporan. Perbaiki bagian – bagian yang menurut anda perlu diperbaiki.

Dengan mengikuti tahapan diatas, anda akan mendaptkan sebuah laporan bisnis yang tidak hanya efetif namun juga dapat memberikan penglihatan baru tentang apa yang harus anda lakukan terhadap bisnis untuk menunjang pertumbuhan.

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda