Keuntungan Software Akuntansi Dibanding Akuntansi Manual

Dahulu, sebelum adanya software akuntansi, semua kegiatan akuntansi dilakukan secara manual pada semua instansi. Kegiatan akuntansi manual ini bisa di katakan cukup simpel karena hanya menggunakan excel atau melakukan pencatatan secara manual lainnya yang dapat dilakukan oleh siapapun.

Namun dengan seiringnya perkembangan zaman, kegiatan akuntansi manual kini mulai tergantikan dengan sebuah sistem yang terkomputerisasi seperti software akuntansi yang mampu memberikan lebih banyak keuntungan dibanding kegiatan akuntansi secara manual.

Berikut beberapa keuntungan yang di dapat dengan menggunakan software akuntansi

1. Tidak perlu lagi menghafal rumus pada excel (semua telah dihitung otomatis oleh sistem)

2. Tidak perlu lagi menulis atau membuat rumus

3. Hanya perlu meng-input data atau transaksi

4. Seluruh proses akan berjalan secara otomatis

5. Dapat melakukan pekerjaan lebih cepat & lebih mudah

6. Laporan keuangan yang cepat dan akurat

Dengan beberapa keuntungan yang telah disebutkan diatas, maka tidak heran sekarang sudah banyak para pelaku bisnis yang mulai mengalihkan kegiatan akuntansi manual mereka ke dalam sebuah sistem yang dapat mempercepat pengelolaan proses akuntansi mereka.

Dalam menanggapi pergerakkan bisnis yang semakin cepat dan kompetitif ini, anda pastinya akan membutuhkan kecepatan dan juga ketepatan dalam pengelolaan bisnis anda. Maka dari itu, anda akan sangat membutuhkan software akuntansi agar bisnis anda dapat mengikuti perkembangan bisnis dan mampu berkompetisi dengan pesaing bisnis lainnya.

Namun anda harus memastikan bahwa software akuntansi yang anda pilih memiliki kriteria sebagai berikut

1. Sesuai dengan standar laporan keuangan yang ada di Indonesia.

2. Transaksi dan laporan yang sesuai dengan operasional perusahaan

3. Support dengan layanan purna jurnal yang memadai. Hal ini sangatlah penting, karena jika suatu saat terdapat masalah, anda dapat segera mendapatkan solusinya.

4. User friendly. Maksud dari user friendly disini adalah dapat dengan mudah digunakan.

5. Mudah dipelajari dengan tutorial / manual penggunaan yang lengkap dalam bentuk cetak atau video merupakan penunjang utama untuk mempelajari software akuntansi yang hendak anda gunakan.

6. Menggunakan teknologi terkini. Dengan perkembangan teknologi yang akan terus berkembang, tentunya anda ingin memastikan bahwa software akuntansi yang digunakan menggunakan teknologi terbaru.

Berikut beberapa software akuntansi yang dapat anda gunakan

1. Accurate

2. Jurnal

3. Zahir Accounting

Ada juga software akuntansi yang terintegrasi dalam satu sistem seperti software erp yang menawarkan berbagai macam modul seperti akuntansi, distribusi, manufaktur, dan lain sebagainya. Salah satu contoh dari software ERP tersebut adalah Acumatica Cloud ERP.

Apapun pilihan software akuntans anda, pastikan software tersebut mampu memenuhi segala kebutuhan bisnis anda sehingga dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Comments

  1. For small-business owners who need to stay organized, these online tools offer a lot. Accounting Software simplify data entry, organize your vital information, provide reports, and allow accountants more access to important financial information about many aspects of the business.

    Thank you,

    https://www.deskera.co.id/erp/accounting-software/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda