Sudahkah Anda Melakukan Perencanaan Anggaran Pada Perusahaan Anda?


Demi mencapai sebuah tujuan, tentunya kita harus memiliki perencanaan terlebih dahulu. Bagaimana cara kita mencapai tujuan tersebut? Apa yang harus dilakukan agar dapat mencapai tujuan tersebut? Apapun tujuannya, memastikan kita memiliki perencanaan yang baik adalah langkah yang tepat untuk dapat mempermudah mencapai tujuan kita.

Begitu juga dalam perusahaan. Agar suatu perusahaan dapat terus tumbuh dan berkembang, tentunya perusahaan akan membutuhkan berbagai macam perencanaan seperti salah satunya adalah perencanaan anggaran.



Secara singkat, perencanaan anggaran adalah suatu bentuk rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi keseluruhan kegiatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Manfaat Perencanaan Anggaran


Dengan melakukan penyusunan perencanaan anggaran, perusahaan akan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih baik karena telah ditunjang oleh kebijaksanaan – kebijaksanaan yang terarah, terorganisir dan juga dengan perencanaan yang matang. Perencanaan anggaran juga memiliki manfaat bagi perusahaan seperti

  1. Memastikan segala bentuk kegiatan perusahaan dapat terarah dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan
  2. Menghindari pemborosan dan pembayaran yang tidak perlu
  3. Memperbaiki sumber daya perusahaan seperti peralatan, tenaga kerja, dan mengefesiensikan dana yang digunakan.
  4. Menghubungkan aktivitas perusahaan dengan trend dalam dunia usaha
  5. Membantu dan menunjang kebijaksanaan suatu perusahaan
  6. Mengerahkan seluruh tenaga kerja perusahaan dalam menentukan arah atau kegiatan yang menguntungkan
  7. Membantu menentukan tujuan – tujuan perusahaan
  8. Membantu mengawasi kegiatan – kegiatan dalam perusahaan

Adapun tujuan dari perencanan anggaran seperti berikut :
  1. Menyatukan harapan/sasaran perusahaan secara jelas dan formal sehingga dapat menghindari kerancuan dan dapat memberikan arah yang tepat terhadap apa yang hendak dicapai.
  2. Untuk mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak-pihak terkait sehingga anggaran dimengerti, didukung, dan dilaksanakan.
  3. Untuk menyediakan rencana terinci mengenai aktivitas dengan maksud mengurangi ketidakpastian dan memberikan pengarahan yang jelas bagi individu dan kelompok dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. 
  4. Untuk mengkoordinasikan cara/metode yang akan ditempuh dalam rangka memaksimalkan sumber daya. 
  5. Untuk menyediakan alat pengukur dan mengendalikan kinerja individu dan kelompok, serta menyediakan informasi yang mendasari perlu-tidaknya tindakan koreksi. 

Dengan manfaat ini, maka akan sangat dianjurkan bagi setiap perusahaan untuk melakukan perencanaan anggaran ini. Namun hal ini bukan lah hal yang mudah. Terlebih jika perusahaan anda adalah perusahaan besar dengan proses bisnis dengan tingkat kompleksitas yang tinggi. Jika begitu, anda akan membutuhkan sebuah solusi yang dapat memudahkan anda dalam melakukan perencanaan anggaran anda seperti solusi yang ditawarkan Acumatica Indonesia dalam melakukan perencanaan anggaran.

Bagaimana dengan perusahaan anda? Apakah anda sudah melakukan perencanaan anggaran pada perusahaan anda?

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda