General Ledger - Komponen inti dari setiap solusi manajemen keuangan

Setiap manajemen dalam bisnis memiliki komponen – komponen penting yang harus diperhatikan. Begitu juga dengan manajemen keuangan. Namun dari berbagai macam komponen dalam manajemen keuangan, terdapat satu komponen inti yang harus kita beri perhatian lebih demi menunjang keberhasilan bisnis.



Komponen inti yang perlu diperhatikan dari solusi manajemen keuangan tidak lain adalah general ledger. Seperti yang telah kita ketahui bersama, general ledger (buku besar) adalah sekumpulan dari beberapa akun yang dipakai dan disusun secara teratur sesuai dengan klasifikasi akun yang dimiliki.

Pada dasarnya, general ledger menyediakan catatan lengkap mengenai segala transaksi keuangan yang terjadi. Selain itu general ledger juga berisikan informasi rekening yang diperlukan untuk menyiapkan laporan keuangan yang mencakup:

#1 Asset (Aset) – Aset adalah semua kekayaan yang dimiliki. Aset ini sendiri biasanya dikelompokkan menjadi

  1. Aset lancar yaitu aset yang berupa uang tunai
  2. Investasi jangka panjang yaitu aset yang berupa investasi perusahaan ke perusahaan lainnya dalam bentuk saham atau obligasi
  3. Aset tetap yaitu aset yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan

#2 Liabilities (Liabilitas) – Hutang yang dimiliki perusahaan kepada pihak lain yang harus dibayar. Liabilitas ini sendiri biasanya dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu :

  1. Hutang jangka pendek adalah hutang kepada pihak lain yang pembayarannya kurang dari satu tahun seperti hutang dagang, hutang wesel, biaya yang wajib dibayar seperti gaji dan listrik dan lain sebagainya
  2. Hutang jangka panjang adalah hutang kepada pihak lain yang harus dilunasi dalam jangka waktu lebih dari satu tahun seperti hutang obligasi, kredit investasi kecil, kredit ekuitas kerja dan lain sebagainya.

#3 Owner’s Equity (Ekuitas Pemilik) – Hak milik perusahaan

#4 Revenues (Pendapatan) – Penghasilan yang diperoleh perusahaan selama satu periode akuntansi.

#5 Expenses (Beban) – Biaya yang dikeluarkan selama satu periode akuntansi



Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda