Komponen Bisnis Penting Dalam Sebuah Manajemen Bisnis

Bisnis merupakan kegiatan dalam menjual barang ataupun jasa kepada para konsumen yang tentunya dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Namun karena setiap proses bisnis untuk masing – masing bidang memiliki keunikan serta tingkat kompleksitas yang berbeda, maka sangat membutuhkan solusi manajemen bisnis yang memadai agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. Perlu anda ingat, manajemen bisnis haruslah diperhitungkan dengan sangat matang sehingga anda dapat meminimalkan resiko.


Apa itu manajemen bisnis?


Manajemen bisnis adalah suatu kegiatan perencanaan, pengelolaan dan juga operasional dalam sebuah usaha. Manajemen bisnis ini telah mencakup berbagai pengaturan untuk semua aspek dalam bisnis sehingga dapat menunjang anda dalam mencapai tujuan bisnis yang anda inginkan.

Komponen yang terdapat dalam manajemen bisnis


1. Manajemen keuangan

Bagi para pengelola bisnis, sebuah manajemen keuangan yang baik sangatlah dibutuhkan. Hal ini tentunya dikarenakan manajemen keuangan sangat berkaitan dengan alur keluar masuknya uang perusahaan. Dengan melalui manajemen keuangan ini, maka anggaran bisnis anda dapat dikelola dan dapat digunakan menurut kebutuhan bisnis anda. Tanpa adanya manajemen keuangan, maka data anggaran akan nihil yang akan menyebabkan ketidakjelasan pada data keuangan yang nantinya dapat berpengaruh buruk pada bisnis.

2. Manajemen marketing

Manajemen marketing atau yang biasa dikenal juga sebagai pemasaran adalah kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, penentuan target, tujuan dan juga hasil yang ingin dicapai dalam bidang marketing. Tujuan dari manajemen marketing ini sendiri tidak lain adalah untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awereness atau pengenalan produk / brand pada pasar.

3. Manajemen produksi

Kegiatan ini terkait dengan bagaimana cara sebuah produksi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik sehingga mampu menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dengan kualitas yang memuaskan. Aspek – aspek yag dimiliki dalam manajemen produksi meliputi perencanaan produksi, barang yang diproduksi, mutu barang, jumlah barang, bahan baku dan juga pengendalian produksi.

4. Manajemen distribusi

Manajemen ini berfungsi untuk mendukung kinerja manajemen marketing/pemasaran. Dalam sebuah bisnis sederhana, manajemen distribusi merupakan bentuk usaha dalam pengelolaan yang menyangkut ketersediaan dan penyaluran barang kepada konsumen.

5. Manajemen SDM

Manajemen sumber daya berkaitan dengan ketersediaan serta penilaian kinerja karyawan yang ada dalam perusahaan. Manajemen SDM ini dapat membantu anda dalam menentukan standar ketrampilan atau pengalaman karyawan yang dibutuhkan, pengaturan upah karyawan, serta memberikan kejelasan hak dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap karyawan.

Setiap bisnis berskala menengah ke atas pastinya akan sangat membutuhkan sebuah manajemen bisnis yang baik. Dan komponen – komponen diatas haruslah dipersiapkan dengan matang demi memastikan semua proses yang ada dapat berjalan dengan baik. Anda juga dapat menggunakan sebuah software yang dapat dijadikan sebagai solusi manajemen bisnis bagi perusahaan anda.

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda