Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda

Setiap bisnis pastinya memiliki masalah tersendiri ketika berhadapan dengan stock control dan juga inventory management. Padahal jika Anda ingin bisnis Anda berkembang, memantau stock levels dan bagaimana cara Anda mengelola inventory dapat mempengaruhi pertumbuhan Anda dalam segi keuntungan dan kerugian dan juga kepuasan pelanggan Anda.



Sebelum melihat tipsnya, ada baiknya Anda mengerti inti dari tujuan sistem inventori management. Ketika menggunakan sistem inventory control, Anda harus mengetahui tujuan apa yang harus di capai. Karena tujuan inilah yang akan membantu Anda dalam mengidentifikasi ke efektivisan sistem yang digunakan. Dan tujuan ini adalah:

1. Sistem haruslah dapat memberi tahu Anda lokasi dari inventori Anda secara real time

2. Sistem haruslah dapat memberi tahu dan memperbarui perubahan pada inventori Anda

3. Harus termasuk perencanaan untuk seberapa banyak persediaan inventori yang dipesan dan di simpan dan kapan harus di pesan ulang.

Ketika Anda mengerti akan tujuan, sistem inventori control Anda yang digunakan saat ini, dan ingin memperluas bisnis Anda, maka berikut beberapa tips untuk mengurangi penyusutan sehingga dapat membantu Anda dalam proses stock control.

Periksa semua stock dalam inventor Anda


Fokus pertama Anda adalah untuk memastikan apakah stock yang Anda terima sesuai dengan apa yang Anda pesan. Terkadang supplier memberikan pesanan stock yang tidak benar. Pada kasus ini, ketika Anda mendapatkan pesanan pastinya Anda akan mengalami kekurangan dalam stock sehingga Anda bisa kehilangan penjualan dan juga kredibilitas Anda.

Pergunakan simpanan stock Anda dengan bijak


Memang sangat mudah untuk menempatkan stock Anda dimanapun ada ruang. Namun bukan berarti cara tersebut adalah cara terbaik karena hal ini hanya akan membuat kita kesulitan dalam melacak produk.

Membuat label yang jelas untuk setiap produk


Setiap produk dalam stock Anda haruslah memiliki laber yang jelas dengan nomor produk, kuantitas dan deskripsi dasar termasuk nama vendor dan informasi penting lainnya. Memberi label membuat identifikasi pada produk menjadi mudah.

Terus memantau tanggal kadaluarsa


Jika Anda menawarkan produk yang telah kadaluarsa, maka Anda jelas akan dikenai denda besar jika produk tersebut sampai di tangan pelanggan. Karena itu, penting bagi Anda untuk terus memantau tanggal kadaluarsa pada setiap produk yang ada pada stock Anda.

Mempertimbangkan Soluti Automasi

Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan solusi automasi untuk inventory management dan mengontrol stock level Anda. Solusi ini memberikan berbagai macam fungsi yang dapat Anda gunakan untuk dapat secara efisien mengelola inventori Anda. 

Solusi automasi ini juga bisa menjadi faktor besar dalam mengurangi terjadinya kesalahan dan meningkatkan produktivitas. Anda juga dapat menggunakan cloud-based solusi automasi untuk inventory management sehingga Anda dapat selalu melihat dan melacak perkembangan inventori Anda kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis