Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki


Perkembangan teknologi yang terus berkembang telah banyak dimanfaatkan oleh perusahaan – perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang mereka kelola. Apalagi dengan berkembangnya teknologi sistem informasi yang telah berkembang pesat yang dapat menyajikan informasi secara cepat yang dapat dijadikan sebagai pengendalian perusahaan serta pengambilan keputusan karena didukung dengan data informasi yang terbaru dan juga akurat.


Namun terdapat beberapa komponen atau hal – hal penting yang harus diperhatikan dalam menyusun sistem informasi perusahaan seperti

1. Database yang terintegrasi

Database yang terintegrasi adalah sebuah database yang digunakan oleh semua lini atau aspek perusahaan. Baik dari bagian sales order,pengiriman, purchase order, inventory, finance dan juga akuntansi menggunakan software dan database yang sama. Dengan database yang terintegrasi secara real time ini, pihak manajemen pun dapat melihat data secara cepat dan dapat mengambil keputusan bisnis dengan cepat pula

2. Akses yang aman ke dalam database


Pastikan akses yang dimiliki user sesuai dengan wewenang atau kebutuhan pengguna, jangan sampai ada pihak yang tidak berwenang dapat mengubah isi database.

3. Proses bisnis yang terdokumentasi


Proses bisnis pada setiap perusahaan harus dapat di dokumentasikan dengan baik. Jadi pastikan proses bisnis internal tercatat dengan rapi dan mudah dipahami. Selain itu, proses bisnis juga harus mampu menggambarkan secara jelas mulai dari sales order, inventory, pengiriman, keuangan, akuntansi dan bagian lainnya.

4. Dan masih banyak lagi komponen komponen lainnya yang tidak kalah penting.


Dengan banyaknya komponen manajemen bisnis yang harus diperhatikan dalam sebuah sistem informasi perusahaan, maka kita juga harus benar – benar teliti akan fitur yang ditawarkan oleh perusahaan sistem informasi yang menawarkan software mereka.

Ketahui fitur seperti apa yang Anda cari, apa yang perusahaan Anda butuhkan dan apakah sistem informasi perusahaan yang Anda miliki atau hendak Anda gunakan mampu mengakomodasi hal tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis