5 Fungsi Dasar Software Akuntansi Dalam Manajemen Bisnis

Memantau arus keuangan dalam perusahaan merupakan hal yang sangat penting dan wajib untuk dilakukan. Namun faktanya masih banyak perusahaan yang mengabaikan hal ini atau bahkan terkadang mereka bingung bagaimana mereka harus memantau kondisi arus kas dan laporan keuangan yang mereka miliki.

Hal ini sebenarnya akan menjadi sebuah kendala yang akan mempengaruhi jalannya operasional pada bisnis anda. Sayangnya masih banyak perusahaan yang masih mengalami kesulitan dalam memantau kondisi keuangan mereka.



Dalam era teknologi dan informasi yang semakin canggih seperti sekarang ini, hal yang dulunya menjadi kendala seperti memantau dan menyusun laporan keuangan kini semakin dipermudah dengan penggunaan software akuntansi yang digunakan sebagai bagian dari manajemen bisnis.

Karena itulah, sangat penting bagi para pelaku bisnis seperti anda untuk mengetahui fungsi – fungsi utama yang dimiliki software akuntansi agar anda mengerti bagaimana software akuntansi ini dapat memudahkan jalannya proses serta kegiatan yang ada dalam bisnis anda.

Berikut adalah beberapa fungsi software akuntansi yang dapat memudahkan anda dalam mengelola keuangan dengan baik.

1. Fungsi Neraca Keuangan

Neraca adalah salah satu bagian dari laporan keuangan yang disajikan pada suatu periode tertentu yang dapat menunjukkan posisi keuangan bisnis pada periode yang di tentukan sehingga dapat memberikan informasi keuangan yang mendalam.

2. Fungsi Purchasing / Pembelian

Proses pembelian / purchasing adalah sebuah proses pencarian sumber atau bahan produk yang digunakan untuk keperluan produksi perusahaan. Setiap proses pembelian biasanya akan membutuhkan sebuah form pembelian (purchase order) yang berguna sebagai bukti otentik dalam dokumen pembelian perusahaan. Software akuntansi inilah yang akan menyediakan fungsi tersebut untuk mengatur format purchase order demi memudahkan laporan pembelian

3. Fungsi Sales / Penjualan

Fungsi sales / penjualan merupakan salah satu fungsi yang sangatlah penting dalam proses keuangan perusahaan. Selain dapat menampilkan detail produk, fungsi ini juga dapat menampilkan detail pajak, diskon, dan juga pembatalan (void) penjualan. Dalam software akuntansi, biasanya fungsi penjualan ini bermacam – macam tergantung pada jenis masing – masing bisnis yang anda kelola.

4. Fungsi Inventory / Persediaan

Fungsi Inventory / Persediaan adalah aset perusahaan yang berupa bahan mentah, bahan yang sedang dalam proses produksi, atau produk jadi. Dalam software akuntansi, terdapat satu menu inventory / persediaan yang dapat di isi dan di monitor oleh perusahaan guna mendapatkan data informasi tentang stock produk yang akurat.

5. Fungsi Stock Opname

Stock opname sangatlah wajib dilakukan bagi setiap bisnis untuk mengetahui perhitungan fisik persediaan produk yang dimiliki. Selain untuk mengetahui kebenaran dalam suatu pembukuan, stock opname juga berfungsi untuk membantu perusahaan dalam melakukan fungsi sistem pengendalian intern dengan baik.

Berikut adalah beberapa fungsi yang ditawarkan oleh software akuntansi bagi bisnis anda. Namun jika anda menginginkan lebih dari sekedar software akuntansi, maka mungkin sudah saatnya anda melihat software erp yang dapat menawarkan lebih dari sekedar software akuntansi bagi bisnis anda.

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda