Apa itu Aktiva Tetap? Apa Karakteristik Yang Dimiliki Oleh Aktiva Tetap?

Apakah Anda mengetahui tentang apa itu aktiva tetap? Aktiva tetap adalah sebuah hal umum yang terdapat pada pelajaran ilmu akuntansi. Untuk itu, pada artikel ini kita akan mencoba membahas sedikit tentang apa itu aktiva tetap.

Pengertian Aktiva Tetap



Pada dasarnya, aktiva tetap atau yang biasa dikenal dengan sebutan aset tetap (Fixed Asset) adalah sebuah kekayaan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dimana kekayaan tersebut didapatkan dalam sebuah bentuk siap pakai. Berbeda dengan aset perusahaan yang lain, aset ini tidaklah untuk dijual melainkan untuk digunakan guna mendukung kegiatan operasional perusahaan dalam jangka waktu yang relatif panjang.

Karakteristik Aktiva Tetap

Untuk mengetahui kekayaan kita termasuk dalam aktiva tetap atau bukan, biasanya aktiva tetap memiliki karakteristik yang diantaranya adalah
  1. Mempunya wujud fisik.
  2. Tidak untuk dijual.
  3. Memiliki nilai material / harga aset yang cukup signifikan seperti harga tanah, harga bangunan, harga mesin, harga peralatan dan lain sebagainya.
  4. Dapat memberikan berbagai manfaat pada masa mendatang
  5. Mempunyai periode manfaat dengan jangka waktu yang relatif panjang
  6. Aset dapat digunakan secara efektif guna mendukung kegiatan operasional perusahaan
  7. Bukan sebagai sebuah investasi

Aktiva tetap memiliki 2 sifat yang dapat kita bedakan yaitu:

Aktiva Tetap Berwujud

Aset tetap Berwujud atau tangible assets merupakan aktiva tetap berwujud yang memilik sifat relative permanen dan digunakan dalam suatu kegiatan perusahaan. Contoh dari aktiva tetap berwujud ini sendiri adalah : gedung atau bangunan, tanah, mesin, kendaraan atau peralatan.

Aktiva Tetap Tidak Berwujud

Aset tetap tidak berwujud atau intangible assets adalah aset yang tidak memiliki wujud secara fisik. Meski begitu, aset ini juga memiliki manfaat penting bagi perusahaan dalam menyatakan jaminan tertentu seperti hak cipta, hak paten, merek dagang dan lain sebagainya.

Itulah pengertian serta karateristik yang dimiliki oleh aktiva tetap dalam akuntansi. Dengan mengetahui hal ini, semoga dapat memberikan gambaran baru bagi Anda dalam mengelola aset yang Anda miliki dalam perusahaan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda