Pengertian Serta Manfaat Yang Dapat Diberikan Oleh CRM

Persaingan bisnis bukanlah hanya sekedar kualitas pada produk yang dimiliki. Kualitas pada pelayanan pun harus diperhatikan agar dapat mendorong pelanggan untuk kembali membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan. Terlebih jika kita memiliki pesaing dengan produk yang kurang lebih sama. Maka kualitas pelayanan akan menjadi faktor terbesar dalam menentukan keberhasilan.



Dalam menghadapi pelanggan yang membutuhkan level of excellence yang tinggi, anda harus mampu memberikan keselarasan terhadap kebutuhan pelanggan. Secara esensial, baik pelanggan kelas atas, menengah bahkan kelas bawah sekalipun membutuhkan pelayanan yang baik dan juga bermutu hanya saja tingkat pelayanannya berbeda antara satu dan yang lainnya.

Pengertian CRM


Para ahli memilliki definisi yang berbeda – beda tentang pengertian CRM. Namun secara umum, CRM dapat disimpulkan sebagai strategi usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. CRM juga dapat diartikan sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran dan pelayanan yang terkoordinasi.

Terlepas dari pengertiannya, dengan adanya teknologi komputerisasi, maka CRM dapat menjadi hal yang penting dimana data pelanggan atau konsumen beserta transaksi yang dilakukannya bisa di simpan dalam suatu database.


Bagaimana caranya membangun CRM?


Biasanya, CRM memiliki 3 tahapan yaitu

1. Mendapatkan pelanggan baru (Acquire)

Pelanggan baru bisa didapatkan dengan memberikan kemudahan dalam pengaksesan informasi, inovasi dan juga pelayanan yang menarik.

2. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang telah ada (Enhance)

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan melalui pemberian pelayanan yang baik, penerapan cross selling atau up selling, follow up produk dan lain sebagainya.

3. Mempertahankan pelanggan (Retain)

Tahap ini merupakan usaha untuk mendapatkan loyalitas pelanggan dengan mendengarkan keluhan atau masukan serta berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Manfaat dari penerapan CRM


1. Mendorong loyalitas pelanggan

Sistem CRM memungkinkan perusahaan untuk dapat mendayagunakan informasi pelanggan dengan maksimal baik via website, call center ataupun melewati staff pemasaran.

2. Meningkatkan efisiensi operasional

Otomasi pada penjualan dan proses pelayanan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan juga dapat mengurangi beban pada cash flow.

3. Peningkatan time to market

Dengan adanya sistem CRM, anda dapat membawa produk anda ke pasar dengan lebih cepat dengan memanfaatkan informasi pelanggan yang lebih baik.

4. Peningkatan pendapatan

Sistem CRM menyediakan informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan.

Meski sistem CRM adalah salah satu alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan, namun dengan fitur sistem CRM, anda dapat memaksimalkan profit melalui manajemen pelanggan.

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda